UNIVERSITAS GUNADARMA

Selasa, 05 Januari 2016

Jurnal_36114518(Mediana Dwi Darmayanti)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBSITE PADA SMPN 1 DONOROJO PACITAN

Mediana Dwi Darmayanti

Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina, Depok 16424

 medi_anadwi@yahoo.co.id

ABSTRAK
Perpustakaan didirikan untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam bentuk media cetak yang yang bisa diakses oleh semua orang. Ada beragam jenis perpustakaan salah satunya adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyimpan informasi mengenai pendidikan, ilmu pengetahuan dan memberikan jasa informasi dalam bentuk layanan perpustakaan kepada siswa-siswi di Sekolah. Perpustakaan sekolah menengah pertama Negeri 1 Donorojo dalam pengelolaan data administrasi perpustakaan masih banyak menemukan masalah yang bisa menghambat proses pelayanan kepada siswa-siswi. Dengan masih ditemukan masalah dalam pengelolaan data administrasi pada perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donorojo maka dibuatlah suatu perangkat lunak yang bisa memberi solusi untuk membantu petugas perpustakaan dalam mengelola data administrasi perpustakaan Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo. Hasil penelitian ini dapat memberi solusi untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja petugas perpustakaan dalam hal pengelolaan data administrasi perpustakaan serta mempercepat transaksi peminjaman dan pengembalian buku oleh siswa.

PENDAHULUAN
Seiring Perpustakaan merupakan suatu satuan kerja organisasi, badan atau lembaga. Satuan unit kerja tersebut dapat berdiri sendiri, tetapi dapat juga merupakan bagian dari organisasi diatasnya yang lebih besar. Perpustakaan yang berdiri sendiri seperti perpustakaan umum, Unit Pelaksana Teknis perpustakaan pada universitas, dan perpustakaan nasional. Sedangkan, perpustakaan yang merupakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar seperti perpustakaan khusus atau kedinasan, dan perpustakaan
sekolah. (Wiji Suwarno 2009:14). Fungsi Perpustakaan sekolah sebagai tempat baca yang sekarang semakin kurang diminati oleh siswa untuk membaca buku dan mencari literatur ilmu pengetahuan, hal ini desebabkan karena terkalahkan oleh media informasi seperti internet yang lebih mudah digunakan dalam pencarian berbagai macam ilmu dan sumber bacaan. Dampak media informasi tersebut juga dialami oleh Perpustakaan SMP Negeri 1 Donorojo yang banyak memiliki koleksi buku yang seharusya bisa digunakan oleh para siswa untuk menunjang kegiatan belajar namun siswa kurang tertarik untuk membaca dan meminjam buku dari perpustakaan tersebut selain ada tugas tertentu dari guru yang mengharuskan siswa meminjam buku dari perpustakaan. (Wawancara Petugas Perpustakaan SMP Negeri 1 Donorojo, Sri Utami Tanggal 4 Desember 2012) Perpustakaan SMP Negeri 1 Donorojo dalam melayani para peminjam dan pembaca buku mengalami masalah dalam pengelolaan data administrasi di perpustakaan, permasalalahan tersebut meliputi, pencatatan nomor urut pada buku induk yang mengalami kekeliruan, pengelolaan data peminjaman dan pengembalian yang sering terjadi kesalahan, masalah lain yang ada di perpustakaan SMP Negeri 1 Donorojo adalah siswa mengalami kesulitan dalam pencarian buku yang akan dipinjam jika harus mencari buku tersebut di rak sedangkan informasi buku tersebut tidak diinformasikan statusnya apakah buku tersebut masih ada atau sedang dipinjam, padahal informasi dari perpustakaan dibutuhkan oleh siswa untuk mengetahui informasi koleksi buku dan hal lain yang ada di perpustakaan SMP Negeri I Donorojo.


1. Latar Belakang

Pengertian Sistem
Menurut Scott (1996) sistem terdiri dari unsur unsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), keluaran (output)(Hanif Al Fatta 2007:4). Menurut McLeod (2004) sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama untuk mencapai tujuan (Yakub, 2012:1). Sedangkan menurut Jogiyanto (1999) terdapat dua kelompok pendekatan sistem didalam mendefinisikan sistem yaitu pendekatan pada prosedur dimana sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk tujuan tertentu, dan pendekatan pada komponenkomponen atau elemen-elemen, pendekatan pada komponen dianggap lebih mudah dalam mepelajari sistem untuk tujuan dan perancangan system (Yakub, 2012:1).

Data dan Informasi
Menurut McLeod(2004) data adalah kenyataan yang menggambarkanadanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relative tidak berarti bagi pemakai (Yakub, 2012:5). Informasi merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secaralangsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang (Edhy Sutanta, 2011:13). Sedangkan menurut McLeod (2004), Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya (Yakub, 2012:8). Menurut Jogiyanto (1999) Kualitas informasi tergantung pada tiga hal yaitu (Yakub, 2012:9) :
a. Akurat, berati informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan.
b. Tepat waktu, informasi yang diterima harus tepat pada waktunya.
c. Relevan, informasi harus mempunyai manfaat bagi penerima.

Sistem Informasi
Jogiyanto (1999) Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan data transaksi harian, mendukung operasi, bersifat
manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan (Yakub, 2012:17).

Perpustakaan
Banyak batasan atau pengertian perpustakaan yang disampaikan oleh para pakar dibidang perpustakaan. Ada beberapa pengertian perpustakaan dibawah ini :
a. Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual (Sulistya Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, UniversitasTerbuka, 1993).
b. Dalam pengertian yang terbaru seperti yang tercantum dalam keputusan Presiden RI Nomor II disebutkan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional (Marto Atmojo Karmidi, Manajemen Perpustakaan Khusus, Universitas Terbuka, Jakarta, 1997).
c. Menurut RUU Perpustakaan pada Bab I
pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian perustakaan adalah “suatu institusi unit kerja yang menyimpan koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya dengan cara khusus sebagai sumber informasi dan dapat digunakan oleh pemakainya”.


Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Internet merupakan sebuah sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan computer diseluruh dunia. Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan
sebagai suatu database atau perpustakaan multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalambentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada diInternet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya (Lani Sidharta 1996:15).

Pengertian Internet
Website (Situs Web) merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang berhubungan dengan file-file lain yang terkait. Dalam sebuah website terdapat suatu halaman yang dikenal dengan sebutan home page. Home page adalah sebuah halaman yang pertama kali dilihat ketika seseorang mengunjungi website. Dari home page, pengujung dapat mengklik hyperlink untuk pindah kehalaman lain yang terdapat dalam website tersebut (Jhonsen 2004:5).

PHP
PHP adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halamanweb yang dinamis. Maksud dari server-side scripting adalah sintaks dan perintah-perintahyang diberikan akan sepenuhnya akan dijalankan diserver tetapi disertakan pada dokumen HTML. Pembuatan web ini merupakan kombinasi antara php sendiri sebagai bahasa pemrograman dan HTML sebagai pembangun halaman web (Bimo sunarfrihantono, ST 2002:9).

XAMPP
XAMPP merupakan merupakan paket php berbasis open source yang dikembangkan oleh
sebuah komunitas Open Source. Dengan menggunakan XAMPP kita tidak perlu lagi melakukan penginstalan program yang lain karena semua kebutuhan telah disediakan oleh
XAMPP. Beberapa pakat yang telah disediakan adalah Apache, MySql, Php, Filezila, dan
Phpmyadmin (Bunafit Nugroho 2011:23).

MySQL
MySQL adalah multiuser database yang menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL). MySQL dalam operasi client server melibatkan server daemon MySQL disisi server dan berbagai macam program serta library yang berjalan disisi client. MySQL mampu mengangani data yang cukup besar. Perusahaan yang mengembangkan MySQL yaitu TEX,
mengaku mampu menyimpan data lebih dari 40 database, 10.000 tabel, dan sekitar 7.000.000 baristotalnya kurang lebih 100 Gigabyte data (Bimo Sunarfrihantono, ST 2002:13).

Data Flow Diagram
Data Flow Diagram merupakan suatu alat yang digunakan untuk menggambarkan aliran data yang ada dalam sistem dan suatu proses yang dilakukan oleh suatu sistem. Untuk dapat membuat DFD diperlukan simbol-simbol untuk menggambarkan aliran data (Whitten 2004:34).

Entity relationship Model (ERM)
Entity relationship Model merupakan suatu model data yang dikembangkan berdasarkan objek. ERM digunakan uuntuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data kepada pemakai secara logika. ERM didasarkan pada suatupersepsi bahwa real word terdiri atas obyek obyek dasar yang mempunyai hubungan/kerelasian antar obyek-obyek dasar tersebut. ERM digambarkan dalam bentuk diagram yang disebut Entity Relationship Diagram (ERD) dengan menggunakan simbol-simbol grafis tertentu. Model ini juga membantu perancang basis data dalam melakukan analisis dan perancangan basis data karena model ini dapat menunjukan macam data yang dibutuhkan dan kerelasian antar data di dalamanya (Edhy Sutanta, 2004:79) Sebuah diagaram ER/ER_D tersusun ada tiga komponen, yaitu entitas, atribut dan keselerasian antar entitas. Secara garis besar entitas merupakan objek dasar yang terlibat dalam sistem. Atribut berperan sebagai penjelas entitas, dan keselerasian menunjukan hubungan yang terjadi diantara dua entitas. (Edhy Sutanta, 2004:80)


Pembahasan Program
Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website mempunyai tujuan utama untuk melakukan pencacatan koleksi buku, pencatatan pada buku induk peminjaman pengembalian buku, dan berfungsi sebagai pencarian buku oleh siswa serta petugas perpustakaan

Tampilan halaman home



Gambar 1 Halaman Depan

Tampilan halaman galeri buku



Gambar 2 Halaman galeri buku









Tampilan halaman login admin dan petugas



Gambar 3 Halaman login admin dan petugas

Tampilan halaman petugas



Gambar 4 Halaman petugas

Tampilan halaman transaksi peminjaman buku



Gambar 5 Halaman transaksi peminjaman buku









Tampilan halaman laporan peminjaman



Gambar 6 Halaman laporan peminjaman

Tampilan halaman laporan data buku



Gambar 7 Halaman laporan data buku


Halaman administrator dan halaman petugas adalah halaman untuk mengelola dan menginputkan informasi mengenai kegiatan perpustakaan dan koleksi diperpustakaan SMPN 1 Donoroojo serta untuk melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian buku.





















DAFTAR PUSTAKA
[1] Arip Aryanto (2013), Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Smp Muhammadiyah 7 Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id, ISSN : 1979-9330
[2] Slamet Pebrianto, Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perpustakaan Umum Kabupaten Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science – Speed (IJCSS) 11 Vol 9 No 2 – Agustus 2012 , ISSN 1979 – 9330
[3] Al Fatta, Hanif Analisis & PerancanganSistem Informasi, Andi, Yogyakarta, 2007.
[4] Arip Aryanto¹ Berliana Kusuma Riasti ST.M.Eng², Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Smp Muhammadiyah 7 Surakarta. Speed Web – Volume 2 Nomor 2 – 2012 ISSN : 977 2088015. Hal 1-8.
[5] HM, Jogiyanto, Sistem Teknologi informasi, Andi, Yogyakarta, 2005
[6] HM, Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta,1995.
[7] Kadir, Abdul, Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL, Penerbit ANDI, Yogyakarta,2009
[8] Nugroho, Bunafit, Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX (6,7,2004) dan 8, Penerbit GAVA MEDIA, Yogyakarta,2008
[9] Nugroho, Bunafit, Trik dan Rahasia Membuat Aplikasi Web dengan PHP, Penerbit GAVA MEDIA, Yogyakarta,2007
[10] Sulastri Bambang Eka Purnama Sukadi, Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 4 Karang Tengah. Speed Web – Volume 9 Nomor 2 – 2012 ISSN : 1979-9330.
[11] Sutanta, Edhy, Sistem Basis Data. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta,2004
[12] Suwarno, Wiji, Perpustakaan, Buku Wacana & Penerbitan, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta: 2011.
[13] Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2012, ISBN 978- 979-756-807-8
[14] Bambang Eka Purnama, Sistem Informasi Kartuhalo Dari Telkomsel Berbasis Komputer Multimedia Kajian Strategis Praktis Telkomsel Divisi Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 11 Vol 8 No 2 – Agustus 2011 , ISSN 1979 – 9330
[15] Suryati, Bambang Eka Purnama, Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science -  peed (IJCSS) 13 Vol 9 No 2 – Agustus 2012 , ISSN 1979 – 9330

Tidak ada komentar:

Posting Komentar